Senin, 08 April 2013

Tips Memilih Server Hosting

Penting bagi anda yang ingin membuat website untuk menentukan server mana yang ingin anda gunakan. Memilih server untuk meletakkan file website kita merupakan hal yang sangat penting, karena hal ini akan mempengaruhi kecepatan akses bagi orang yang ingin mengakses website anda. Ada beberapa pertimbangan untuk memilih server yang pas dan sesuai bagi website anda.

Sebagai contoh seperti ini, misalkan si Muhmud (Bukan nama asli.. hehe) ingin membuat sebuah toko online yang menjual aksesories motor,
karena target market si mahmud ini adalah pasar lokal (Indonesia) maka server yang cocok bagi si mahmud adalah server IIX. Loh kenapa? silahkan lihat kelebihan dan kekurangan pada masing masing server dibagian bawah.

Contoh kedua, misalkan si Udin (Bukan nama asli juga.. hehe) ingin memasarkan batik buatan dia ke mancanegara melalui website toko online, nah karena target market si udin ini adalah pasar internasinal (semua negara termasuk indonesia) maka si udin ini bisa memilih server Singapura. Loh kenapa? silahkan lihat kelebihan dan kekurangan pada masing masing server dibagian bawah.

Lain halnya jika pak Budi (yang ini tetep nama samaran .. hehe) ingin membuat website company profil, dimana para client nya tersebut banyak yang berasal dari mancanegara (misalkan. Amerika, Inggris, Belanda, Dll). Maka Pak Budi ini lebih baik memilih hosting server USA.  Loh kenapa? silahkan lihat kelebihan dan kekurangan pada masing masing server dibagian bawah.

Oke setelah melihat beberapa kasus diatas, saya akan beri penjelasan mengenai kelebihan dan keuranga dari masing2 server tersebut (IIX,USA dan SINGAPURA)

SERVER USA
(+) cepat diakses dari mana saja
(+) Harga relatif lebih murah daripada server IIX. Banyak yang menyediakan unlimited diskspace dan unlimited bandwidth.
(+) pengiriman maupun penerimaan e-mail sangat lancar karena routing ke mail server–mail server besar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain–lain cukup pendek
(+) Cocok untuk target market di luar Indonesia.
(+) mudah diakses oleh search engina seperti Google, Yahoo, MSN, dan lain–lain
(-) kecepatan aksesnya dari dalam negeri (Indonesia) karena routing yang jauh serta kalah jika dibandingkan dengan server yang berlokasi di Indonesia

SERVER SINGAPURA
(+) Pengunjung dari Indonesia dapat mengakses situs di server SG lebih cepat daripada server USA.
(+) Pengunjung dari luar negeri seperti Amerika, Cina dan negara sekitarnya dapat lebih cepat mengakses situs di server SG karena Data Center Singapura terletak di antara Indonesia dan USA.
(+) Cocok untuk target market di luar Indonesia.
(-) Masih lebih lambat jika dibandingkan situs di server IIX karena server SG masih menggunakan International Bandwidth untuk diakses.

SERVER IIX (INDONESIA)
(+) Situs dapat dibuka lebih cepat dari pengunjung di Indonesia karena jarak routing yang pendek.
(+) Beberapa perusahaan Hosting menyediakan unlimited local bandwidth, jadi bandwidthnya tidak ada batas untuk Anda jika diakses dari tanah air.
(+) tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan.
(+) Cocok untuk target market buat pengunjung dari Indonesia.
(-) bandwidth internasional relatif lebih kecil sehingga pengiriman e-mail dengan attachment-attachment besar ke arah mail server di luar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain–lain sering ter-delay
(-) Harga relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan server USA atau server SG.
(-) Situs rada lambat jika diakses dari luar Indonesia.

Nah sekiranya begitulah sedikit Tips dan gambaran bagaimana menentukan server hosting untuk web yang akan kita buat nanti. Semoga Tips yang saya berikan dapat memberi gambaran dan masukan untuk anda sekalian. 

Regards 
hastoweb.com
Load disqus comments

0 komentar