Kamis, 21 Maret 2013

Pengertian Hosting

Apa itu web hosting ?
Pertanyaan yang sering muncul ketika dulu saya masih awam (Sekarang juga masih awam . hehe... )dengan internet, dan setelah mencari informasi kesana kemari akhirnya saya pun bisa memamahami mengenai hosting, jadi hosting itu merupakan tempat penyimpanan file-file halaman web dan file berkas lain yang disimpan dalam sebuah web server yang bisa di akses dan dilihat oleh para penjelajah internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat kapanpun. 



Mengapa Perlu Web Hosting?
Jika kita berniat ingin menampilkan informasi atau produk atau jasa dan yang lainnya melalui media internet kita perlu hosting dan tentunya domain name. tanpa web hosting (Tempat penyimpanan) kita pun tidak bisa menampilkan hal-hal tersebut. didalam web hosting kita dapat menyimpan file berformat html, xml, xhtml, css, serta bahasa pemrograman seperti php, java, javascript dll. 


Hosting semakin berkembang tidak terbatas pada web server dan mail server saja. Ada aplikasi-aplikasi lain seperti DNS server yang juga disewakan. Aplikasi DNS server yang sering disewakan biasanya terkait dengan Secondary DNS yang merupakan backup dari Primary DNS.
Berikut pembagian hosting secara tingkatan :
  1. Shared hosting
    Tiap pelanggan mendapatkan sebuah username password untuk suatu website mereka
  2. Reseller Hosting
    Dalam hal reseller hosting, penyewa bisa memanage banyak client shared hosting dengan sebuah username dan password
  3. VPS (Virtual Private Server)
    Di sini pihak penyedia menyewakan sebuah servernya ke beberapa client saja, tetapi di mata client seolah-olah mempunyai server sendiri. Ini merupakan jembatan menuju ke dedicated server. Harganya lebih murah daripada dedicated server
  4. Dedicated server
    Di sini pihak penyedia menyediakan sebuah server secara fisik kepada penyewanya.  

Nah kurang lebih seperti itu penjelasan mengenai hosting.

Regards,
Load disqus comments

0 komentar